like

Rabu, 19 November 2014

Ascot Pullin 1929 500cc 1 cyl ohv


















Sepeda motor Ascot Pullin diatas merupakan salah satu contoh karya/desain sepeda motor pemenang lomba balap TT (Tahun 1914) Cyril Pullin,  yang masih tersisa saat ini. Desainnya yang revolusioner sangat menarik perhatian pada waktu itu. Ascot Pullin pertamakali diperkenalkan pada Tahun 1928 dan diproduksi di Letchworth , Hertfordshire , oleh Ascot Motor dan Manufacturing Company .
Pada saat diperkenalkan, motor ini disebut dalam iklannya sebagai ‘The New Wonder Motorcycle’. Dimana dalam motor ini tersemat berbagai macam fitur yang terinspirasi oleh mobil-mobil yang diproduksi pada saat itu. Akan tetapi ceritanya fitur-fitur modern tersebut kurang berhasil menarik minat konsumen sepeda motor yang terkenal sangat konservatif.
Motor ini menggunakan mesin model horisontal, overhead valve (OHV) dan menggunakan gir boks 3 percepatan.
Keseluruhan body motor termasuk, mesin dan tangki bbm dan oli ditutup atau diberi cover plat baja press dan diberi panel indikator bahan bakar. Selain itu bagian stang/kemudi atau dashboard tak luput dari pemakaian cover baja tersebut. Pada dashboard diberi banyak instrumen seperti jam, speedometer dan saklar kelistrikan.
Selain rem hidrolik, tercatat juga beberapa fitur yang disebut user friendly berupa pemasangan telescopic center stand (standar tengah) yang memudahkan parkir, dan juga penggabungan antara kick starter dengan tuas dekompresi agar memudahkan dalam menyalakan mesin.
Meskipun Ascot Pullin cukup berhasil dalam inovasi, tetapi masalah yang fatal terjadi pada gigi mesin yang mudah rusak. Hal tersebut sangat merusak reputasi mereka dan akhirnya memaksa Ascot Pullin berhenti berproduksi pada Tahun 1929 setelah berhasil memproduksi 400-500 unit sepeda motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar